Teknologi Ramah Lingkungan:Tenaga Surya

A.PENGERTIAN

Teknologi adalah keterampilan atau seni yang dibuat oleh manusia untuk memudahkan menjalankan suatu pekerjaan. Namun, beberapa teknologi yang dibuat, dapat merusak alam dan menggunakan energi yang terbatas. Belum lagi sifat manusia yang boros, dapat menimbulkan bertambahnya kerusakan alam, dan membuat sumber energi tersebut menjadi langka.
    Maka, dibuatlah teknologi ramah lingkungan agar dapat menghemat energi. Sumber energi yang ramah lingkungan seperti cahaya matahari, air, dan udara. Namun, di presentasi kali ini kami akan membahas teknologi ramah lingkungan yang menggunakan sumber dari cahaya matahari.

B.TENAGA MATAHARI

Sinar Matahari Dapat Dimanfaatkan Untuk
Teknologi Ramah Lingkungan

Saat ini, sudah banyak teknologi ramah lingkungan yang di buat dengan bahan bakar tenaga cahaya matahari. Contohnya adalah:
1.Sel Surya
2.Mobil
3.Lampu Jalan





C.PEMANFAATAN

Alat yang digunakan untuk memanfaatkan cahaya matahari dengan menggunakan panel surya. Panel surya adalah teknologi ramah lingkungan yang dapat menyimpan energi cahaya matahari untuk kehidupan sehari-hari. Hasil dari energi tersebut dapat digunakan untuk air panas, lampu, bermain gitar listrik, dll. Selain itu, penggunaan panel surya dapat menghemat penggunaan listrik.

D.CARA KERJA SEL SURYA

Sel Surya

         
         •Air dari dalam tanah diangkut ke tabung-tabung yang terletak di dalam panel surya (a
tap rumah).
         •Cahaya matahari memanasi air yang di dalam tabung.
         •Air lalu menjadi panas, disimpan dan dialirkan ke seluruh pipa rumah.



E.MOBIL BERTENAGA SURYA

Mobil Bertenaga Surya

Teknologi bersih kini telah siap untuk digunakan menggantikan mesin-mesin lama yang tidak ramah lingkungan. Mobil-mobil pada gambar di samping adalah mobil yang bertenaga surya. Oleh karenanya, mobil ini tidak sama sekali mengeluarkan karbonmonoksida  seperti mobil yang lainnya. Sehingga tidak mencemari lingkungan, terutama udara.



F.LAMPU JALAN
Lampu Jalan Bertenaga Surya Di Bandung

Lampu jalan, yang biasanya menggunakan tenaga listrik, kini sudah dibuat lebih hemat energi. Yaitu dengan menggunakan energi cahaya matahari.  Panas matahari, disimpan oleh mesin yang terdapat pada rangka lampu jalan. Lampu-lampu ini lebih cantik lagi bila dilihat pada malam hari. Lampu-lampu ini dibuat oleh para designer berbakat yang ingin membuat inovasi baru ramah lingkungan, ialah Jogoh Lee, Ross Lovegrove, Omar I. Huerta Cardoso, Alfredo Haberli, dll. Lampu ini masih jarang ditemui di berbagai negara. Negara yang sudah memiliki lampu jalan seperti ini seperti Australia,  Amerika Serikat, Italia, Austria, dll.Termasuk juga di Kota Bandung,Jawa Barat.


G.KESIMPULAN

•Teknologi dibuat untuk memudahkan hidup manusia. Namun, banyak teknologi yang efeknyadapat merusak alam. Sehingga, di buatlah teknologi ramah lingkungan. Salah satu sumber energi yang ramah lingkungan adalah matahari. Matahari dapat digunakan sebagai pembangkit listrik, sel surya, dll. Jika kita terus boros dan tidak ramah lingkungan, efeknya berdampak pada diri sendiri. Seperti pemanasan global yang terjadi sekarang ini. Maka mulailah berhemat dan menggunakan teknologi ramah lingkungan ☺







Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Negara Menurut Beberapa Ahli

Karakteristik Negara Maju Dan Negara Berkembang (Materi Bab 1 Kelas 9)

Contoh Bagian-Bagian Puisi Beserta Majas dan Keterangan