Synopsis Novel The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel : The Alchemyst

Cover Depan Novel The Alchemyst
Judul : The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel : The Alchemyst
Penulis : Michael Scott
Penerjemah : Mohammad Baihaqi
Penerbit : Matahati
Cetakan : IV,Februari 2009
Tebal : 504 Halaman
Dimensi : 14 x 21 cm
ISBN : 978-979-1141-22-2

The Alchemyst merupakan edisi pertama dari serial novel The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel karya Michael Scott.Sebagai ahli dalam bidang mitologi dan cerita rakyat,Michael Scott adalah seorang penulis tersukses di Irlandia.Ia dinobatkan oleh Irish Time sebagai"Raja Fantasi di Seluruh Negeri". Khusus untuk serial The Secrets of The Immortal Nicholas Flamel,seluruh edisi mulai dari yang pertama hingga yang keenam mendapatkan penghargaan New York Time Best Seller.

Pada novel ini,Michael Scott menggabungkan banyak sejarah dunia dan cerita rakyat menjadi suatu alur cerita yang kreatif.The Alchemyst tampak menarik karena bertemakan hal-hal magis.Dan akan jauh lebih ditampilkan,tentang kekeluargaan,pengaruran strategi,usaha keras,dan takdir mewarnai peristiwa dalam The Alchemyst.

Cerita bermula dari Sophie yang melihat sekelompok orang yang sedang menuju toko buku dimana saudara kembarnya bekerja.Tidak lama kemudian,terjadi ledakan besar dari toko buku tersebut.Dee bersama dengan kawanannya berhasil kabur dengan membawa Codex dan menculik Perenelle(Istri Nicholas Flamel).Nicholas Flamel,sang pemilik toko,megajak si kembar Sophie dan Josh untuk memulai petualangan yang selama ini dinantikan.

Nicholas Flamel beserta istrinya,Perenelle,adalah manusia abadi dari Perancis yang telah hidup berabad-abad.Rahasia keabadiannya adalah Codex,buku yang ditulis oleh Abraham Sang Magus.Codex berisi tentang rahasia alam semesta.Apabila dipegang oleh orang yang salah,maka dunia dapat megalami kehancuran.Dee adalah manusia abadi yang selama ini mengincar buku tersebut.Dengan hilangnya Codex,maka keabadian Flamel serta istrinya akan menghilang dan tinggal menghitung hari menuju kematian.Beruntungnya,Josh berhasil merobek dua halaman terakhir dari Codex yang merupakan bagian terpenting dari buku tersebut.

Sophie Newman dan Josh Newman adalah saudara kembar yang takdirnya sudah diramalkan berjuta-juta tahun silam.Dengan kejadian yang barusan dialami,mereka dipaksa untuk mempercayai sihir dan menjalankan takdirnya.

Sophie dan Josh memiliki aura emas dan perak murni.Aura adalah energi yang terdapat pada diri seseorang.Aura yang dimiliki Sophie dan josh merupakan aura yang sangat kuat.Namun,aura mereka belum diaktifkan.Flamel membawa si kembar ke alam bayangan ialah dunia lain yang terdapat di sekeliling dunia manusia.Flamel mengajak Scathach,temannya yang sangat handal dalam hal bertarung untuk membantunya dalam menghalau serangan dari Dee.

Hekate mengaktifkan aura milik Sopjie terlebih dahulu.Setelah aura diaktifkan,Sophie merasa menderita, karena seluruh panca inderanya benar-benar bekerja lebih tajam.Hal tersebut membuat Sophie mual.Tak lama,Dee datand dan menghancurkan seluruh isi alam bayangan.Kejadian yang tidak tertuga dilakukan oleh Sophie.Dalam seketika semua pasukan Dee dapat dikalahkan dengan aura perak Sophie.

Perjalanan berlanjut ke Ojai,sebuah daerah kecil di Kota San Francisco.Mereka menemui Penyihir Endor untuk keluar dari San Francisco melalui Garis Ley,yaitu garis yang menghubungkan antara suatu daerah dengan daerah yang lainnya di seluruh dunia.Apabila mereka dapat sampai ke tempat lain dalam seketika.

Penyihir Endor memberikan seluruh ingatannya kepada Sophie.Hal ini membuat Sophie lebih mual.Ia sulit memisahkan antara ingatannya dengan ingatan milik Penyihir Endor.Josh sangat perihatin atas saudaranya.

Pada hari terakhir mereka di Ojai,Dee menyerang kelompok Flamel dengan membangkitkan seluruh mayat yng ada di Ojai.Scathach melawannya dengan keahlian bertarungnya.Hingga akhirnya Flamel,Sophie,Josh,dan Scathach berhasil memasuki gerbang Garis Ley yang dibuka oleh Penyihir Endor.Mereka tiba di suatu tempat yang tidak pernah mereka duga sebelumnya.

Dengan melirik isi cerita,cara penjabaran Michael Scott dalam memainkan alur sangatlah piawai. Terbukti dari The Alchemyst yang tebalnya 504 Halaman ini hanya mengisahkan perjalanan selama dua hari saja.Meski begitu,pembaca tidak bosan dan selalu dibuat penasaran.Ini dikarenakan Michael Scott membuat alur dimana saat suatu peristiwa sedang membaca suatu bab,lanjutannya baru akan muncul pada lima hingga enam bab selanjutnya.Dan akan ada suatu bab dimana semua alur itu dipertemukan.

Novel The Alchemyst menggunakan bahasa yang cukup berat.Terdapat banyak istilah sains serta kaliamt yang dijelaskan dengan perumpamaaan.Tetapi,semua itu tidak menjadi kendala besar dalam memahami  isi novel.Karena cara Michael Scott dalam mendeskripsikam sesuatu sangatlah detail. Sebelum menulis cerita,semua tempat yang berada di dalam novel ia kunjungi terlebih dahulu.Serta semua karakter kecuali si kembar,didasarkan pada tokoh-tokoh sejarah yang nyata dan makhluk-makhluk dalam mitologi.

Dari novel ini kita belajar arti dari sebuah perjuangan yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan yang baik.Novel ini sangat cocok bagi remaja.Cerita khayalan yang dibuat menjadi logis membuat pembaca lebih berpikir luas.Kita diaajk ikut berpikir untuk mencari tahu,menyelesaikan masalah,dan mencari solusi menggunakan imajinasi dan kreativitas.Seperti salah satu kutipan dari novel ini"Imajinasi jauh lebih penting daripada ilmu pengetahuan".Karena imajinasi itulah ilmu pengetahuan dapat ditemukan.

Comments

Popular posts from this blog

Karakteristik Negara Maju Dan Negara Berkembang (Materi Bab 1 Kelas 9)

Daftar Kumpulan Durasi Film-Film Box Office