Asal-Usul Kata Celengan





Celengan ialah sebuah benda yang digunakan untuk menyimpan uang(menabung).Dan menurut wikipedia Indonesia "Celengan merupakan nama umum untuk kotak pengakumulasian atau penabungan koin. Umumnya, celengan digunakan oleh anak-anak. Celengan biasanya terbuat dari keramik atau porselen. Celengan bertujuan untuk mengajarkan kepada anak untuk menabung. Pada celengan tradisional, uang dapat dengan mudah dimasukkan, namun jika ingin mengambil uangnya, celengan tersebut harus dipecahkan. Tapi celengan modern memiliki lubang karet pada bagian bawahnya, untuk memudahkan dalam mengambil uang yang disimpan dalam celengan tersebut."

Celengan bermacam-macam bentuknya dan celengan yang paling terkenal di Indonesia ialah celengan ayam.

Berbeda di AS dan Eropa,kebanyakan celengan berbentuk babi bewarna merah muda.Dalam bahasa Jawa celeng artinya babi jadi celengan artinya babi-babian.Ini mungkin terjadi pada amsa kolonial karena kebanyakan orang eropa memakai celengan babi dan orang jawa menyebutnya celengan sebagai tempat penyimpanan uang.Kenapa Jawa? karena pusat dari pemerintahan dan lain-lain pada masa kolonial berada di Pulau Jawa.

Ini sama halnya seperti bottle menjati botol,kettle menjadi ketel dan lain sebagainya.Semoga informasi ini dapat bermanfaat.Terima Kasih.                                                                                                                                           

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Negara Menurut Beberapa Ahli

Karakteristik Negara Maju Dan Negara Berkembang (Materi Bab 1 Kelas 9)

Contoh Bagian-Bagian Puisi Beserta Majas dan Keterangan